oleh

Dr.Mithhar Hadiri Rakor, Kaget Ada Pengembalian Uang PIP 250 Milyar ke Negara

Dr. H. Mithhar, S.Pd. M.Pd. mengikuti pelaksanaan rapat koordinasi kebijakan program Indonesia pintar

Makassar,Mbs77Sulbar.Com – Kadisbud Sulawesi barat (Sulbar) Dr. H. Mithhar, S.Pd. M.Pd. mengikuti pelaksanaan rapat koordinasi kebijakan program Indonesia pintar (PIP) dengan kepala Dinas pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota yang di gelar di Makassar 8 – 10 November 2023 .

Dalam rapat koordinasi tersebut diikuti oleh seluruh kepala dinas provinsi dan kabupaten di wilayah timur .

Mithhar mengaku kaget, karena pemberian beasiswa PIP dari pusat, itu merilis bahwa di tahun 2022 ada pengembalian uang ke Negara sebanyak 250 Milyar .

“kenapa kembali karena ternyata setelah kementerian membuatkan SK nominal penerima program Indonesia pintar, banyak orang tua, banyak siswa yang tidak mengaktivasi rekening miliknya, sehingga uang itu kembali setelah ditunggu pada waktu yang telah ditentukan tanggal 31 Desember tahun 2022,”Ujarnya .

Dalam Rakor itu diminta kepada seluruh kepala dinas provinsi dan kabupaten kota untuk berkomitmen membantu memastikan bahwa ketika pusat men SK kan nominal penerima program Indonesia pintar tersebut maka rekening siswa itu segera di cairkan di aktivasi .

Mithhar mengatakan, Kalau orang tua siswa ada kesulitan dalam hal atau sistem tersebut, namanya di bank penerima penyalur seperti BRI dan BNI jangkauannya kayak sulit, maka pihak sekolah harus membantu untuk secara kolektif bisa mengaktivasi rekening mereka.

Kata dia bahwa Ini baik kita lakukan setelah mendapat surat kuasa dari kepala dinas, jadi jangan dilihat, jangan dibiarkan orang tua itu atau siswa pergi sendiri, kalau mereka tidak tahu karena kemampuan orang tua dalam hal bagaimana mengurus seperti itu.

banyaknya Rekening siswa yang tidak aktivasi, kadis berharap sekolah harus membantu dan jangan sampai setelah selesai ini uangnya anak-anak dipotong, ini tidak boleh sama sekali dilarang keras .

Menurutnya untuk dana transportasi itu ada didalam BOS dan honor itu sesuai dengan juknis BOS, makanya untuk menyelesaikan itu harus dibantu, dan dipastikan tidak ada potongan .

Mithhar juga mengajak Teman-teman di dinas agar bisa ke sekolah demi memastikan apa sudah diterima beasiswa kalau terima apa full, jadi Harus dipastikan.

“Kami sangat menyesalkan di tahun 202 ini begitu banyak kita punya siswa yang harusnya menerima beasiswa PIP, itu tidak jadi karena tidak tahu mengaktivasi, diharapkan nanti ini tahun 2023 ini paling lambat tanggal 31 Desember,” Kata orang nomor satu di Dinas pendidikan Sulbar itu . (77)

Iman

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *